Jumat, 10 Desember 2010

REFLECTION FROM MINOR PROPHETS PART 5: MIKHA


PART 5. MIKHA

WHAT’S GOOD TO DO? (NO ENGLISH VERSION)

Mikha 6:8, ”Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?"

Hukum di Indonesia sepertinya sudah tidak mempertahankan keadilan. Karena koruptor negara yang membuat rakyat miskin dipenjara dengan fasilitas yang mewah, sedangkan pembuat kejahatan kecil seperti maling ayam dipenjara dengan fasilitas yang tidak baik. Malah kalau sedang sial, sebelum sampai dipenjara dia sudah dihajar mati.
Hubungan suami istri di Indonesia pun semakin banyak yang retak lantaran perselingkuhan terjadi dimana-mana, dan banyak kalangan artis yang bercerai karena hal ketidaksetiaan.
Banyak pula hamba Tuhan di Indonesia yang terlalu sombong dan angkuh karena kesuksesan pelayanannya dan akhirnya menjadikan pelayanan sebagai bisnis dan menimbulkan sakit hati jemaat dimana-mana. Mereka tidak lagi menunjukkan kerendah hatian di hadapan Tuhan.
Namun lewat kitab Mikha kita dapat mengerti hal baik apa yang Tuhan mau dan tuntut untuk kita lakukan, yaitu tiga hal yang bertentangan dengan tiga kasus yang baru kita bahas:

1) Tuhan menginginkan kita untuk berlaku adil.
Dalam segala tingkah laku kita berbuatlah keadilan, dan membela yang benar serta menolak yang berbuat salah. Membagikan upah secara adil serta memberikan kasih sayang dengan adil kepada siapapun.

2) Tuhan menginginkan kita untuk mencintai kesetiaan.
Setialah kepada Tuhan, setialah kepada pasangan hidup kita, dan setialah pada segala pekerjaan yang sudah Tuhan percayakan untuk kita lakukan. Ketika kita setia pada segala sesuatu yang baik, Ia akan memperhitungkan itu sebagai kebenaran.

3) Tuhan menginginkan kita untuk hidup rendah hati di hadapan-Nya.
Kesombongan tidak akan pernah membawa kita kepada kebahagiaan. Tuhan tidak senang sama sekali dengan orang yang sombong, baik itu menyombongkan kekayaannya, talentanya, atau bahkan pelayanan sekalipun, semuanya jelek di mata Tuhan. Jauhilah kesombongan dan hiduplah dengan kerendah hatian di hadapan Tuhan, sehingga berkat yang dari pada-Nya dan sukacita akan melimpah bagi kita di dalam kehidupan kita, percayalah!
Jadi, lakukanlah apa yang baik yang sudah Tuhan perintahkan kepada kita semua lewat perantaraan hamba-Nya Mikha. Dikatakan bahwa itu bukan sekadar permintaan-Nya, melainkan apa yang Tuhan tuntut dari kita! Jadi, lakukanlah apa yang baik untuk dilakukan, Tuhan Yesus memberkati kita semua, amin!

Tuhan, ajarilah aku untuk berlaku adil...
Bapa, peringatkanlah aku untuk tetap setia...
Yesus, biarlah aku terus rendah hati walaupun berhasil...
Roh Kudus, sehingga nama-Mu tetap mulia selamanya... Amin.


Created date: Saturday, November 27th 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.