Jumat, 10 Desember 2010

About The Top 10 Captains... Part # 1

KAPTEN No. 4 : Rohana Joshua Sutjiono



Hello Everyone... Saya mau menuliskan ungkapan kebanggaan saya kepada 10 orang dosen yang saya kagumi. Pahlawan-pahlawan Kristus ini adalah orang-orang yang terus membantu saya naik ke atas, membantu junior kecil ini untuk naik setahap demi setahap untuk menjadi semakin dewasa dalam iman, pengetahuan, dan pengalaman di dalam Kristus. Terima kasih atas segala pengajaran dan tuntunan yang kalian berikan bagiku di dalam kehidupanku...


Pertama kepada Bu Rohana Sutjiono. Pengalaman pertamaku belajar selama satu minggu bersama beliau tidak diawali dengan cukup baik, karena saya memiliki pergumulan pribadi yang mempengaruhi kualitas belajar saya. Beberapa kali saya telat masuk kuliah, dan saya akui, saya payah sekali dan memalukan di hadapan beliau.

Namun saya kagum karena bu Rohana sangat sabar sekali terhadap kelas kami yang sangat mengecewakan, dan tetap mengajar dengan senyuman yang manis. Bu Rohana memang menyandang gelar doktor dari Amerika, namun beliau sangat rendah hati dan baik sekali, piawai dalam mengajar, dan menekankan reaksi mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Artinya, mahasiswa juga mendapat peran yang cukup banyak dan tidak hanya diam saja mendengarkan pengajaran sang dosen.

Hal yang unik dari pelajaran beliau adalah adanya tugas wawancara sebanyak dua kali, yaitu mewawancarai seorang gembala suatu gereja, dan masyarakat sekuler. Tidak heran memang, mengingat yang beliau ajarkan pada kami adalah pelajaran "Urban Ministry". Dosen satu ini sangat murah senyum, sabar, namun juga tegas. Ketegasannyapun tersembunyi di balik senyumannya, hahaha.. Benar-benar kesempatan yang luar biasa untuk mendapatkan pengajaran dari beliau.

Di penghujung hari terakhir kegiatan belajar mengajar kami, bu Rohana membawakan ke kelas kami sesuatu yang tidak kami duga, yaitu teh, kopi, dan dua kotak Dunkin Donuts! Haha, hal ini tidak akan dapat saya lupakan, "kenakalan" kami dibalas dengan kebaikan ibu yang luar biasa ini. Kejadian ini menjadikan beliau dosen ketiga yang membawakan kami makanan dan belajar sambil bersantap ria... (Dua dosen sebelumnya adalah Bapak Ongkie dan Pak Vernineto).

Tahun depan nampaknya kami akan diajar kembali oleh beliau, dan kesempatan emas ini akan kupakai untuk memperbaiki kesalahan saya sebelumnya, yaitu sering telat dan tidak disiplin. Kali ini, tidak perduli saya sedang ada masalah pribadi ataupun tidak, saya akan datang secepat mungkin setiap harinya dan belajar semaksimal mungkin... Wait and see if I can, and I have to!

Oh ya, satu nasehat yang bu Rohana berikan padaku adalah bahwa saya HARUS melanjutkan studi S1 saya dan menginjaki pendidikan yang lebih tinggi lagi. Ini akan terus saya pegang, dan saran beliau pasti akan kulaksanakan... Thanks for everything Lady Rohana! Selalu merupakan kebanggaan bagiku untuk mendapatkan pengajaran darimu... Kiranya Tuhan memberkati keluargamu, dan memberikan kesehatan padamu senantiasa. Sukseslah terus dalam pelayanan yang memuliakan nama Tuhan, GOD BLESS'!!!! ~ By: Dan Han

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.