Jumat, 29 Oktober 2010

YESUS - Jesus



RENUNGAN KESEBELAS DARI KITAB KOLOSE:

“YESUS” (No English version...)

KOLOSE 1:15-22

“Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.”


Pada mulanya Dia menciptakan bumi ini. Dia menganggapnya begitu indah, semuanya indah! Tanaman, hewan-hewan, gunung-gunung, lautan, bintang-bintang, bulan, matahari, planet-planet, semuanya Ia ciptakan begitu indah, sempurna! Dan kemudian Iapun menciptakan manusia. Ia ciptakan dengan tangan-Nya sendiri... Ia bentuk dengan demikian indah... Ia hembuskan nafas kehidupan, sehingga akhirnya hiduplah manusia itu, seorang pria. Pria itu merasa kesepian sehingga Tuhan menjadikan wanita lewat tulang rusuknya. Begitu indah, begitu cantik! Namun...
Manusia itu jatuh dalam dosa! Terpaksa mereka diusir dari hadapan-Nya. Mereka yang begitu indah jadi rusak karena ketidaktaatan. Tapi karena kasih-Nya, manusia terus berkembang menjadi banyak, dan sayangnya dosa mereka semakin parah sehingga Dia terpaksa menenggelamkan mereka dengan air bah dan memusnahkan orang-orang bejat itu... Hanya delapan orang yang selamat, merekalah orang-orang yang taat. Mereka terus bertambah banyak sehingga terciptalah bangsa Israel. Bangsa ini berusaha ditolong oleh-Nya, namun ditolak mentah-mentah. Mereka mengkhianati Pencipta mereka sendiri! Dia mengirim para nabi-Nya untuk memperingatkan mereka, tetapi mereka tidak mau mendengarkan! Namun Dia tetap sabar menuntun dan menjaga mereka mereka.
Berabad-abad kemudian dosa manusia semakin parah. Korban penebusan dosa dengan darah hewan sudah bukan solusi yang baik lagi. Akhirnya, Iapun mengambil keputusan untuk turun ke bumi. Ia menjadi manusia dan lahir lewat seorang perawan, padahal Dia adalah Tuhan! Ia bertumbuh dewasa, dan ajaran-Nya banyak ditolak dan dibenci orang, sehingga mereka menyalibkan-Nya, membunuh-Nya. Dia disiksa, diludahi, dikhianati, dicaci, dituduh, darah-Nya tersebar di tanah akibat pecutan cambuk dan mahkota duri. Akibat paku-paku yang menusuk tangan dan kaki-Nya, dan tombak yang menembus perut-Nya. Iapun mati. Ini semua demi manusia. Dengan demikian siapa yang percaya pada-Nya tidak akan mati dan binasa dalam neraka, melainkan beroleh hidup yang kekal di dalam kerajaan sorga, mengalami hidup tanpa air mata yang penuh kebahagiaan. Ia tidak mati tidak untuk selamanya, melainkan hanya tiga hari, dan bangkit kembali! Ia naik kembali ke sorga dan mempersiapkan tempat untuk kita yang percaya pada-Nya di dalam kerajaan-Nya yang kekal dan abadi, penuh sukacita.

Dia adalah Yesus. Dialah yang menciptakan seluruh dunia, dan mati pula di dunia menanggung dosa-dosa kita. Namun kebangkitan-Nya membawa sukacita. Sekarang, apakah akan kita sia-siakan pengorbanan-Nya? Yesus mengasihimu, dan Ia menantimu untuk percaya pada-Nya. Datanglah pada-Nya, sebab Dia adalah Bapa kita yang mengasihi kita... (DH)

Dibuat tanggal: 30 Oktober 2010

..................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.