Rabu, 27 Oktober 2010

TIKUS YANG OPTIMIS - Optimistic Mice




RENUNGAN KESEPULUH DARI KITAB FILIPI:

“TIKUS YANG OPTIMIS”

FILIPI 4:6

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur”



C.S. Lewis memiliki satu tokoh hasil imajinasinya yang Ia beri nama Reepicheep. Sosok ini muncul di beberapa serial novel anak-anak The Chronicles of Narnia. Reepicheep muncul pertama kali di dalam buku Prince Caspian, lalu The Voyage of The Dawn Treader, dan terakhir di dalam buku The Last Battle.
Tokoh ini memiliki keberanian yang tinggi, jiwa patriotisme yang besar, kemurahan hati, dan pikiran yang selalu optimis. Di saat orang-orang meragukan keberadaan Sang Singa Agung Aslan yang adalah Pencipta negeri Narnia, Reepicheep tidak pernah kehilangan iman. Dia tidak pernah khawatir, dan selalu yakin serta optimis bahwa Aslan akan selalu ada baginya, memberikan pertolongan untuknya, dan tidak akan menelantarkan penduduk Narnia.
Tapi yang mengagetkan Reepicheep hanyalah seekor tikus kecil yang dapat berbicara! Namun walaupun tubuhnya kecil, Reepicheep memiliki hati sebesar gunung. Suatu ketika di dalam buku Prince Caspian Reepicheep kehilangan ekornya sewaktu berperang, dan ketika itulah Aslan yang melihat segala kebaikannya memunculkan kembali ekornya yang adalah kehormatan terbesar tikus kecil itu, dan kemudian Reepicheep menjadi ksatria setia Raja Caspian X.



Apakah yang sedang kita khawatirkan saat-saat ini? Firman Tuhan berkata supaya kita tidak perlu terlalu mengkhawatirkan apapun juga di dalam hidup kita ini. Bukankah kita memiliki Tuhan Yesus yang menjadi jaminan kebahagiaan dan keyakinan kita dalam menghadapi hidup ini? Apapun juga kesulitan hidup yang kita alami, kita tetap memiliki sumber pengharapan abadi yang senantiasa setia untuk kita. Dialah Bapa, Yesus, dan Roh Kudus. Berdoalah ketika kita khawatir, megucap syukurlah walaupun kita dilanda kecemasan, dan cobalah untuk selalu memiliki pikiran yang positif di dalam Tuhan.
Reepicheep tidak pernah meragukan Aslan dan selalu mengandalkannya dalam setiap tindakannya. Kitapun juga bisa seperti itu, yaitu terus mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Seperti Reepicheep, kitapun harus memiliki jiwa pemberani, berpikiran optimis setiap saat, dan tidak pernah membiarkan siapapun kecuali Roh Kudus yang menjadi Juru Mudi hidup kita. Jika Reepicheep adalah tikus yang selalu beriman dan pemberani, kitapun juga harus menjadi prajurit perang-Nya Tuhan yang pemberani dan tidak goyah dalam hal kekhawatiran yang berlebihan! Tuhan Yesus memberkati kita sekalian! (DH)

Langkahku terjebak rasa takut, kekhawatiran membuatku kalut,
Aku bingung harus berbuat apa, segala sesuatu terasa hampa,
Namun akhirnya kusadari, bahwa masih ada satu Pribadi,
Pribadi yang kuat, yang membebaskanku dari segala penghambat,
Dialah Allahku, Roh Kudusku, Dialah Yesusku, penuntun hidupku,
Karenanya aku berterima kasih dengan hati yang bersih,
Khawatirkupun mulai hilang, dan jiwa pemberaniku telah datang,
Haleluya, amin...

Dibuat tanggal: 27 Oktober 2010

.................................................................
TENTH REFLECTION FROM THE BOOK OF PHILIPIANS:

"OPTIMISTIC MICE"

Philipians 4:6


"Be careful for nothing; but in every thing by prayer and supplication with thanksgiving let your requests be made known unto God."




C.S. Lewis had one imaginative figure named Reepicheep. This figure appears in children's novel series The Chronicles of Narnia. Reepicheep appears first in the book Prince Caspian and The Voyage of the Dawn Treader, and in The Last Battle.
These figures have a high courage, spirit of patriotism, generosity, and optimistic mind. When people doubt the existence of the Great Lion Aslan who is the Creator of the land of Narnia, Reepicheep never lost faith. He never worried, and always confident and optimistic that Aslan will always be there for him, providing help for him, and will not abandon the people of Narnia.
But he is just a little mouse who can talk! But despite her small size, Reepicheep has a heart of a mountain.
What are we worried about this moment? Word of God says that we need not worry too much about our lives. Remember that we have Lord Jesus as a guarantee of happiness and our confidence to face this life! Whatever the difficulties of life that we experience, we still have a source of eternal hope that is always faithful to us. He is the Father, Jesus, and Holy Spirit. Pray when we are worried, and try to always have positive thoughts in the Lord.
Reepicheep never doubted Aslan, and always count on him in every action. We also can be like that, just believe and rely on Lord Jesus in our lives. Just like Reepicheep, we too must have a brave soul, think optimistic all the time, and never let anyone except the Holy Spirit who became the helmsman of our lives. If the mouse Reepicheep always faithful and courageous, we too must be a brave warrior of God and not waver in the case of excessive worries! God bless us all!

Created date: October 27, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.