Rabu, 20 Oktober 2010

SIA-SIAKAH JARUM JAM BERPUTAR? - Is it futile for the Clock to Tick?




RENUNGAN KELIMA DARI KITAB EFESUS:

”SIA-SIAKAH JARUM JAM BERPUTAR?”

EFESUS 5:16-17

dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.



Dalam bahasa asli Yunaninya, ”pergunakan” yang dimaksud adalah έξαγοραζόμενοι (exagorazomenoi) yang artinya redeeming/to buy up – membeli/menebus. Dengan kata ini, ada indikasi bahwa kita harus berusaha membeli waktu kita yang ada di dunia ini, dan setelah membelinya dengan susah payah, kita harus menggunakannya dengan bijak. Kalau tidak, waktu itu akan terbuang percuma dan sia-sia. Sesungguhnya kita harus menebus waktu yang ada di dunia ini bukan dengan bayaran uang, melainkan bayaran aktivitas yang kita lakukan tiap harinya. Dengan baikkah kita menggunakan waktu yang kita miliki? Atau kita memakainya dengan asal-asalan?
Di ayat 17 kita bisa melihat maksud Tuhan mengenai waktu, seperti apa kita harus menggunakannya. Dikatakan bahwa kita harus berusaha mengerti kehendak Tuhan. Tuhan ingin agar kita mempergunakan waktu kita dengan mengenal Tuhan lebih dalam lagi. Bagaimana kita bisa mengerti kehendak Tuhan jika kita jarang berdoa, membaca firman, dan bersekutu dengan-Nya? Mungkin kita memang memiliki banyak aktivitas yang menyibukkan kita, dan segala macam pekerjaan telah mengantri minta dituntaskan. Tapi masakan tidak ada waktu barang satu jampun atau setengah jam untuk kita berdoa? Untuk kita membaca firman Tuhan? Jika ada waktu untuk kita membuka internet dan bermain-main game online, chatting, berfacebook atau bertwitter ria, bukanlah mungkin jika kita tidak punya waktu untuk Tuhan.
Jarum jam di dinding rumah kita terus berputar, angka di jam analog kita terus berganti, dan jam tangan kita terus berbunyi ’tik, tik, tik..’, namun apakah seiring mesin-mesin itu bekerja dengan baik dan giat, kita juga memakai waktu dengan bijaksana? Sisihkanlah waktu untuk hal-hal positif dan sehat, dan menyingkirlah sementara dari pekerjaan yang kadangkala membuat kita stress dan jauh dari Tuhan dan keluarga. Dalam bermazmurpun Daud memiliki waktu ”sela” dimana nyanyian dihentikan sejenak. Karena itu siapkanlah waktu ”sela” kita. Selain dengan keluarga dan kegiatan positif lainnya, menghabiskan waktu dengan Tuhan dan berusaha mengerti kehendak-Nya adalah yang terpenting bagi-Nya. Jangan sampai diperbudak dunia dengan memakai waktu untuk hal yang sia-sia terlampau banyak. Hati-hatilah, sebab dikatakan dalam firman-Nya bahwa hari-hari ini adalah jahat. Waspadalah, kiranya Roh Kudus sertai kita selalu, amin! (DH)


Sedang sibuk bekerja? Jangan lupakan satu hal... Ingatlah Tuhan!
Sedang melakukan pelayanan? Jangan lupakan satu hal... Lakukan dalam nama Tuhan!
Sedang marah dan ingin memaki seseorang? Jangan lupakan satu hal... Dia ciptaan Tuhan!
Sedang bengong dan kesepian? Jangan lupakan satu hal... Berdoa pada Tuhan!
Sedang tidak tahu mau berbuat apa? Jangan lupakan satu hal... Baca firman Tuhan!
Sedang bersemangat bernyanyi? Jangan lupakan satu hal... Nyanyikan pujian untuk Tuhan!
Sedang menghadapi masalah yang berat? Jangan lupakan satu hal... Berharap pada Tuhan!
Sedang berusaha mentaati kehendak Tuhan? Katakanlah satu hal... Ini aku Tuhan!
Jangan lupakan Tuhan di segenap jalan hidupmu...



Dibuat tanggal: 16 Oktober 2010

____________________________________________________________________________________


FIFTH REFLECTION FROM THE BOOK OF EPHESIANS:

"IS IT FUTILE FOR THE CLOCK TO TICK?"

EPHESIANS 5:16-17

"Redeeming the time, because the days are evil. Wherefore be ye not unwise, but understanding what the will of the Lord is."



In Greek, "redeeming" is έξαγοραζόμενοι (exagorazomenoi) which means redeeming / to buy up. With this said, there are indications that we should try to buy our time in this world, and after the purchase with some difficulties, we must use it wisely. If not, time will be wasted and in vain. Surely we must redeem the time in the world not by paying the money, but paid activities that we do every day. Were we using our time wisely? Or we use it carelessly?
In verse 17 we can see God's intentions regarding the time, like what we have to use it. It is said that we should try to understand God's will. God wants us to use our time to know God deeper. How can we understand God's will if we rarely pray, read the Words, and have a fellowship with Him? Maybe we do have a lot of activities that occupy us, and all kinds of jobs have been queued in order to be completed. But don't we have an hour or maybe half an hour to pray? Or maybe to read the words of God? If there is time for us to open the internet and play online games, chat, or using twitter or facebook, it is not possible if we do not have time for God.
Wall clock in our homes continues to spin, the numbers in our analog clock kept changing, and we continue to watch sounds 'tick, tick, tick ..', but whether as the machines work properly and diligently, we also use time wisely? Set aside time for positive and healthy things, and get out for a while from the work that sometimes makes us stressful and far from God and our family. Remember that even King David has a "Selah" time where the psalms stopped for a moment. Therefore create your own "Selah" time with God. Beside with the family and other positive activities, spending time with God and try to understand His will is most important to him. Do not let the world enslaved you by using the time for useless things too much. Be careful, because it is said in His word that the days are evil. Beware, just believe that the Holy Spirit is always be with you, amen! (DH)


Are you busy working? Do not forget one thing ... Remember Jesus!
Doing ministries? Do not forget one thing ... Do it in the name of Jesus!
Feeling angry and want to hurt someone? Do not forget one thing ... He is Jesus' creation!
Being lonely? Do not forget one thing ... Pray to God!
Don't know what to do? Do not forget one thing ... Read the word of God!
Excited to sing? Do not forget one thing ... Praise The Lord!
Trying to obey the will of God? Say one thing ... It's me God, I wanna do it!
Do not forget God in all your life path ...


Created date: October 16, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.