Selasa, 19 Oktober 2010

GENERATOR PEMBUNUH DAN PEMBANGKIT - Killer and Revival Generator


RENUNGAN KEEMPAT DARI KITAB EFESUS:

”KILLER AND REVIVAL GENERATOR”

EFESUS 4:29

”Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”


”Dasar anak bodoh! Gak pinter ya, mana bisa jadi orang kamu di masa depan!!” Itu adalah salah satu contoh perkataan pembunuh mental anak yang saya tahu cukup banyak orangtua mengucapkannya. Lidah yang mengeluarkan kata-kata kutukan adalah seperti generator pembangkit listrik yang dapat membunuh dan menyetrum orang sampai mati. Memang kita tidak menyadari itu, namun lidah kita ini memiliki kuasa yang amat besar, baik positif maupun negatif. Yakobus 3:9 berkata, ”Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah.” Kuasailah lidah kita dan jangan pernah mengeluarkan kata-kata kotor yang penuh makian, dan kutukan. Memang kita bisa saja marah, tapi cobalah tahan emosi kemarahan yang meluap-luap itu dan pikirkan kata-kata apa yang baik yang dapat kita pergunakan sebagai ganti kata-kata kasar.
Saya sendiri terkadang menerima kata-kata dari orangtua yang rasanya menjatuhkan saya, kata-kata yang membuat saya merasa tidak mampu dan bodoh. Dan hal ini kelak membuat saya berpikir bahwa apapun yang saya lakukan pasti menemui titik kegagalan yang memalukan. Namun saya ingin terus berjuang bersama Tuhan, karena tidak ada kegagalan yang terlalu besar untuk diratapi bersama Dia. Tuhan adalah sumber kemenangan dan keberhasilan sejati!
Suatu saat, ada seorang pria yang sedang berjalan dan berpapasan dengan seorang pengemis yang tua renta dengan tubuh yang membuat dia mustahil untuk bekerja lagi. Si pria berusaha merogoh kantong celananya untuk mengambil dompetnya agar bisa memberi sedekah. Namun apa daya ternyata si pengemis belum beruntung, karena dompet si pria ketinggalan di rumah! Dengan menyesal si pria berkata, “saudaraku, mohon maaf ya, saya ingin sekali memberimu uang, tapi dompet saya tertinggal di rumah, dan sekarang saya harus pulang untuk mengambilnya.” Hal yang mengejutkan diucapkan si pengemis. “Uangmu tidak kuperlukan, karena aku sudah mendapatkan hadiah yang jauh lebih berharga darimu daripada sekadar uang saja!” Dengan heran si pria bertanya, “Apakah itu, saudaraku? Aku belum memberimu apa-apa!” Dengan berlinang air mata si pengemis menjawab, “Engkau sudah memanggilku saudara, dan itu jauh lebih berharga bagi diriku yang hina ini daripada uang yang hampa.... saudaraku!”
Bagaimana, bisakah kita mengeluarkan kata-kata yang baik, membangun, dan membuat orang-orang yang mendengarnya beroleh kasih karunia (ayat 29b) daripada mengeluarkan kata-kata makian? Pakailah lidah anda sebagai generator pembangkit listrik yang benar-benar bisa memberi kehidupan dan energi bagi yang mendengar perkataan anda, daripada menjadikan lidah anda sebagai generator pembunuh yang hanya akan menyerang dan menyetrum orang! Kuasai lidahmu, dan biarlah berkat Tuhan turun atasmu, Glory bagi-Nya!!! (DH)


Dirty and harmful words? No way!
Clean and helpful words ? Yes way!
Teach me Lord to talk in your correct way!
So, I will never talk in a wrong way!



Dibuat tanggal: 16 Oktober 2010

_________________________________________________________________________________

FOURTH REFLECTION FROM THE BOOK OF EPHESIANS:

"KILLER AND REVIVAL GENERATOR"

EPHESUS 4:29

"Let no corrupt communication proceed out of your mouth, but that which is good to the use of edifying, that it may minister grace unto the hearers."


A tongue that produce words of curses are like power generators with electric shocks that can kill people. Indeed we do not realize it, but our tongue has great power, both positive and negative. James 3:8-9 says, "But the tongue can no man tame; it is an unruly evil, full of deadly poison. Therewith bless we God, even the Father; and therewith curse we men, which are made after the similitude of God." Take control of our tongue and never issued a profanity-filled invective, and curses. We can just angry, but try to hold the emotion of anger and think about what words are good that we can use instead of harsh words.
Me myself sometimes accept the bad words from my parents, the words that made me feel inadequate and stupid. And it will make me think that whatever I do definitely will end in failures. But I want to continue to struggle with God, since no failure is too great to mourn with him. God is the source of triumph and a true success!

Once, there was a man who was walking and bumped into an elderly beggar with a body that makes him impossible to work again. The man tried to reach the pockets of his pants for his wallet in order to give alms. But the beggar has not been lucky, because the man left his wallet at home! With regret the man said, "my brother, I'm really sorry, I'd love to give you money, but I left my wallet at home, and now I must go home to pick it up." The beggar reaction was so surprised the man. "Your money is not needed, because I've won a prize far more valuable than mere money!" With a wonder the man asked, "What is it, brother? I do not give you anything!" With tears in the eyes of the beggar, he answered," You've called me brother, and it is far more precious to me than an empty money .... my brother!"

Use your tongue as a power generator that can really give life and energy to those who hear your words, instead of making your tongue as a generator that only strike and shock people! Master the tongue, and let the blessing of God comes upon you, Glory to Him! (DH)


Dirty and harmful words? No way!
Clean and helpful words? Yes way!
Lord Teach me to talk in your correct way!
So, I will of never talk in a wrong way!


Created date: October 16, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.