Sabtu, 27 November 2010

REFLECTION FROM MINOR PROPHETS PART 2 : JOEL


PART 2. YOEL

KASIH YANG MAHAKUASA


Yoel 3:17-21, ”Maka kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, adalah Allahmu, yang diam di Sion, gunung-Ku yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus, dan orang-orang luar tidak akan melintasinya lagi. Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim. Mesir akan menjadi sunyi sepi, dan Edom akan menjadi padang gurun tandus, oleh sebab kekerasan terhadap keturunan Yehuda, oleh karena mereka telah menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tanahnya. Tetapi Yehuda tetap didiami untuk selama-lamanya dan Yerusalem turun-temurun. Aku akan membalas darah mereka yang belum Kubalas; TUHAN tetap diam di Sion."

Suatu saat seorang anak muda yang bernama Theodore McBride mencoba nekad mengendarai mobil ayahnya tanpa izin. Hal ini dia lakukan karena dia baru saja mendapatkan Surat Izin Mengemudi. Namun terjadi hal yang buruk karena mobil yang Ia kendarai tabrakan dan rusak berat. McBride berpikir bahwa inilah akhir hidupnya, ayahnya akan marah besar! Tapi setelah pulang, reaksi yang tidak diduga Ia dapatkan, ayahnya memeluk dirinya dengan kencang dan menangis. Disinilah McBride menyadari bahwa ayahnya sangat mengasihi dia, dan tidak mementingkan mobil yang rusak tersebut. Kasih ayahnya padanya sungguhlah besar.


Yehuda sudah menjadi umat yang mengecewakan Tuhan dengan parah sekali. Mereka mengikuti kebiasaan bangsa-bangsa yang istri-istrinya mereka ambil untuk dinikahi, yaitu menyembah dewa-dewa dan patung-patung. Hal ini sungguh menyakiti hati Tuhan. Tuhanpun menghukum mereka dengan menyerahkan mereka ke dalam kekuasaan bangsa-bangsa lain seperti Babel, ataupun Mesir. Namun kasih Tuhan melebihi segala tindakan jahat manusia, karena Tuhan tetap mengasihi bangsa yang keras hatinya ini. Walaupun hukuman diberikan kepada mereka untuk sementara waktu, namun Tuhan Allah tetap menjanjikan kebebasan bangsa Yehuda, dan bahkan kesuburan pada hasil tanahnya. Bangsa-bangsa yang menjajah mereka akan diusir jauh-jauh dan tidak lagi berkuasa atas Yehuda. Bahkan Tuhan akan membalaskan kembali perbuatan keji bangsa-bangsa yang menindas Yehuda, dan pada akhirnya, Tuhan tetap akan menjadi Allah di tanah Yerusalem dan Allahnya bangsa Yehuda. Ini adalah janji yang Ia ucapkan sendiri lewat perantaraan nabi Yoel, dan janji ini Ia genapi.
Kasih yang Mahakuasa bukanlah sebuah kasih yang ringan dan sepele. Kasih Tuhan tidak bisa kita pahami, begitu dalam dan luar biasa bagi kita umat yang dikasihi-Nya. Seberapa beratnyapun dosa kita, Tuhan akan tetap ada untuk memberikan pengampunan selama kita dengan tulus meminta ampun kepada-Nya, dan jangan dengan sengaja melakukan dosa lagi. Carilah hadirat Tuhan selalu dan lakukan segala yang Ia mau kita lakukan. Dialah Bapa yang mengasihi kita seperti ayah McBride mengasihi anaknya, bahkan jauh lebih dalam kasih Tuhan kita dibanding kasih ayah di dunia ini. Datanglah pada-Nya, rasakan kasih-Nya, dan biarlah Ia memelukmu dengan kemesraan!

O God, Your love is too far to be understand by men. Thanks for that mighty love...


Created date: Saturday, November 20th 2010

.......................................................................

PART 2. JOEL

THE ALMIGHTY LOVE


Joel 3:17-21, "Then, Israel, you will know that I am the LORD your God. I live on Zion, my sacred hill. Jerusalem will be a sacred city; foreigners will never conquer it again. At that time the mountains will be covered with vineyards, and cattle will be found on every hill; there will be plenty of water for all of Judah. A stream will flow from the Temple of the LORD, and it will water Acacia Valley. "Egypt will become a desert, and Edom a ruined waste, because they attacked the land of Judah and killed its innocent people. I will avenge those who were killed; I will not spare the guilty. But Judah and Jerusalem will be inhabited forever, and I, the LORD, will live on Mount Zion."


One day a young man named Theodore McBride tried to drive his father's car without permission. He did this because he just get a driving license. But the bad thing happened because the car that he drove crashed and damaged so hard. McBride thinks that this is the end of his life, his father would be furious! But after coming home, he got an unexpected reaction. His father hugged him tightly and cried. This is where McBride noticed that his father loves him, and are not concerned with the damaged car. Her father's love is indeed big.
Judah had become a disappointing God's people so badly. They were following their wives to worship the idols. It really hurt God. Lord punished them by handing them to the other nations such as Babylon, or Egypt. But the love of God surpasses all human's evil actions, because God still loves this nation so hard. Although the punishment given to them, but the Lord God still promises freedom of the nation of Judah, and even fertility in the soil. The nations who invaded them will be expelled away and no longer rule over Judah. Even God will avenge back abominations of the nations that oppressed Judah, and in the end, God still will be a God in the land of Jerusalem and Judah. This is a promise that he himself pronounce through the prophet Joel, and he fulfilled this promise.

Love of the Almighty is not a love of light and trivial. God's love we can not understand, so deep and extraordinary for us whom he loved. No matter how serious our sins, God will still be there to provide forgiveness for we that sincerely ask for His forgiveness, and do not intentionally committing the sin again. Seek God's presence always and do all that He wants us to do. He is the Father who loves us like McBride's father that loves his son, even more than that. Come to Him, feel His love, and let He embrace you tightly!


O God, Your love is too far to be understand by men. Thanks for that mighty love ...



Created date: Saturday, November 20th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.